Pages

BANNER

Friday, July 21, 2017

Daftar Jurusan Kuliah Ini Tawarkan Masa Depan Cemerlang

Perguruan tinggi seringkali dianggap sebagai pintu gerbang kesuksesan menuju karier cemerlang di masa depan. Hal tersebut dibuktikan dengan data yang dikumpulkan oleh Biro Sensus di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa pekerja dengan gelar sarjana memperoleh pendapatan 67,7 persen lebih banyak ketimbang pekerja yang memiliki ijazah SMA.

Namun, rupanya bukan hanya jenjang pendidikan saja yang menentukan jumlah pendapatan kamu. Melainkan, jurusan perkuliahan yang turut pula menentukan besarannya. Apalagi di pasar industri kerja saat ini.

Melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang lebih tinggi merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi pendapatan kamu di masa mendatang. Namun, ternyata masuk universitas bukan satu-satunya penentu. Ada lagi faktor penentu lain seperti jurusan kuliah.

Ya, jurusan kuliah menjadi faktor berikutnya yang mempengaruhi penghasilanmu di masa mendatang. Apalagi pasar industri kerja yang terus berubah-ubah dari masa-ke-masa. Nah, berikut ini deretan jurusan yang diramalkan sukses di masa depan berdasarkan lansiran dari Kiplinger.


1. Teknik Sipil

Jurusan teknik selalu terdengar menggiurkan, pasalnya pekerjaan yang berhubungan dengan teknik biasanya mendapat pendapatan yang lebih dari cukup. Selain itu, belakangan ini banyak industri yang membutuhkan teknik sipil. Hal itu dibuktikan dari banyaknya lowongan kerja untuk teknik sipil yang tersedia di internet yakni mencapai 243.717 lowongan.

2. Teknik Biomedis

Biomedis belakangan menjadi jurusan paling moncer. Pasalnya, lulusan sarjana di bidang ini akan mendapatkan gaji rata-rata sebesar USD60.900 atau setara dengan Rp800 juta-an. Sementara untuk lowongan kerja juga melimpah yakni sekitar 54 ribu-an.

3. Perawat

Ini dia jurusan yang paling banyak minatnya di tahun-tahun belakangan ini. Ya, perawat. Banyak sekolah perawat di Indonesia termasuk akademi-akademinya. Alasannya, lowongan kerja bagi calon perawat rasanya tak ada habisnya. Buktinya, situs lowongan pekerjaan di internet menyebut sebanyak 1,7 juta lowongan tersedia bagi perawat.

4. Ilmu Komputer

Jurusan ini juga tengah menjadi jurusan favorit di sejumlah universitas baik negeri maupun swasta. Pasalnya, di era yang semakin modern ini, dunia pasti membutuhkan orang yang fasih soal komputer dan teknologi terkini. Lulusan di jurusan ini juga potensi mudah mendapat pekerjaan, sebab ada 3,1 juta lowongan tersedia bagi para sarjana di bidang ini.

5. Keamanan Informasi

Di tengah maraknya cyber crime, orang yang ahli di bidang keamanan informasi adalah orang yang paling dicari untuk mengamankan data-data klien. Buktinya, sebanyak 1,8 lowongan tersedia bagi para sarjana di bidang ini. Untuk gaji, rata-rata di permulaan kamu akan mengantongi USD 57.100 atau setara dengan Rp750 juta-an. Di Indonesia, jurusan ini baru ada di sejumlah universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

6. Manajemen Sistem Informasi

Jurusan yang kerap berpasangan dengan jurusan IT ini akan menjanjikan kamu ke sejumlah jalur karier terkait komputer. Kebutuhan industri di bidang ini mau tidak mau menyebabkan banyaknya lowongan yang tersedia bagi para sarjana dari jurusan Manajemen Sistem Informasi yang mencapai 3,7 juta.

7. Finance dan Ekonomi

Setiap industri pekerjaan pasti membutuhkan orang-orang yang berdedikasi di ruang finance. Oleh sebab itu jurusan kuliah di bidang ini selalu ramai peminat. Selain tidak takut kehabisan lowongan pekerjaan, jurusan ini juga menawarkan pendapatan yang besar di masa mendatang yakni sekitar USD55.700 atau setara Rp730 juta-an.

8. Rekayasa Perangkat Lunak

Bukan hanya ada pada jurusan di kuliah, Rekayasa Perangkat Lunak kini banyak tersedia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini artinya, jurusan ini memiliki tingkat peminat yang tinggi serta sangat dibutuhkan di dunia kerja. Buktinya, situs pencari kerja online menyebut 1,2 juta lowongan tersedia bagi para lulusan dari jurusan ini.

9. Teknik Kedirgantaraan

Jurusan yang satu ini memang tak umum didengar. Teknik kedirgantaraan atau teknik penerbangan memang sangat jarang peminatnya. Biarpun begitu, proyeksi pertumbuhan kerja 10 tahun ke depan mencapai 11,1 persen. Tak perlu diragukan untuk penghasilan yang didapatkan. Rata-rata pemula di bidang ini bisa mendapatkan USD64.800 atau setara Rp850 juta-an.

10. Matematika Aktuaria

Jarang terdengar, rupanya jurusan ini menjadi jurusan yang diramalkan akan membawa kamu ke arah kesuksesan. Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu aktuaria ini adalah kombinasi antara ilmu peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Seorang aktuaris bisa menghasilkan gaji rata-rata lebih dari USD99.500 per tahun atau setara Rp1,3 triliun, lho!

Kamu tertarik?

No comments:

Post a Comment