Halo Guys....
Udah lama ga posting nih, kali ini saya akan menjelaskan tentang Microsoft Access...
Nah, Apa sih Microsoft Access itu? dan apa kegunaannya? Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.
Udah lama ga posting nih, kali ini saya akan menjelaskan tentang Microsoft Access...
Nah, Apa sih Microsoft Access itu? dan apa kegunaannya? Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.
Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputerrelasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Cara membuat Database
1. Buka MIcrosoft Access
1. Buka microsoft Access, kemudian klik blank space.
2. Ubahlah nama dan akan atur mau di simpan dimana.
3. Klik Create.
2. Membuat Database Departemen
1. Klik kanan pada Tabel1, kemudain klik Design View
2. Ubah nama menjadi Departemen
3. Ketiklah pada kolom field name: id_departemen, nama departemen, dan id_fakultas
4. Ubahlah field size id_departemen dan id_fakultas menjadi 5 dan Nama departemen menjadi 50
5. Setelah itu, save dengan cara klik kanan pada Departemen
3. Menyiapkan Database Dosen Pembimbing
1. Klik Create, kemudian klik tabel
2. Lakukan langkah-langkah selanjutnya mirip dengan persiapan database Departemen
1. Klik Create, kemudian klik tabel
2. Lakukan langkah-langkah selanjutnya mirip dengan persiapan database Departemen
5. Menyiapkan Database Mahasiswa
1. Klik Create, kemudian klik tabel
2. Lakukan langkah-langkah selanjutnya mirip dengan persiapan database Departemen
6. Mengisi Database
1. Double klik pada Table yg akan diisi, misalnya tabel Fakultas
2. Isikan datasheet yang tesedia
3. Setelah itu, save
Lakukan hal yang sama pada tabel yang lain
7. Mengisi Database melalui form
1. Klik kanan pada fakultas, kemudian klik datasheet view
2. Klik Create, kemudian klik form
3. Klik kanan, kemudian save
4. Beri nama form
5. Klik kanan fakultas, klik form view
6. Masukkan data
7. Klik next record untuk menambahkan data
8. Kemudian save
8. Membuat report
1. Klik create, kemudian klik report wizard
2. Klik >>
3. Klik Next>,
4. Aturlah pelevelan, kemudian klik Next>
5. Aturlah pengurutan, kemudian klik Next>
6. Aturlah bentuk laporan, kemudian klik Next>
7. Tulis Judul, Klik finish
9. Membuat relationship
1. Klik Database tools, klik relationship
2. Tambahkan tabel Departemen
3. Tambahkan tabel Fakultas
4. Tambahkan tabel Mahasiswa
5. Tambahkan tabel Dosen Pembimbing
6. Klik edit relationship
7. Klik create new
8. Isilah yang ingin dikaitkan, kemudian klik ok
9. Klik create
10. Ulangi langkah 7-9, kemudian save
10. Membuat Query
contoh query |
hasil query yang di atas |
1. Klik create, klik query design
2. Klik kanan query2, kemudian klik SQL view
3. Ketikkan Sql seperti pada gambar
4. Klik kanan query2, klik datasheet view
Sekian dulu penjelasannya, apabila ada yang salah mohon dimaafkan.....:))
No comments:
Post a Comment